Featured Post 5

Bagaimana pengaturan SEF dan SEO sederhana untuk blog?

Written By Kangkiko on Rabu, 25 Januari 2012 | 20.28

Blog merupakan singakatn dari web log,atau log yang kita buat tentang diri kita dan disimpan di web. Namun,definisi itu tergeser sekarang. Blog tidak hanya menjadi catatn pribadi,namun lahan bisnis iklan. pemilik blog akan berusaha membuat blog miliknya dikunjungi oleh banyak orang,sehingga pundi-pundi uang mengalir dari lalu lintas penayangan blog itu.

Banyak hal yang harus dilakukan pemilik blog agar menarik perhatian pengunjung. Selain artikel yang berkualitas,desain pun menentukan beta tidaknya pengunjung berada di blog kita. Namun,ada satu lagi faktor yang kini bahkan menjadi kajian di berbagai forum: SEO (search engine Optimizing) dan SEF (Search engine friendly). 


Menurut wikipedia,SEO adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut.  Atau dengan kata lain,usaha untuk membuat blog/website kita terindeks dengan baik di search engine. Kenapa itu penting? Ayolah,kemana anda jika akan mencari sesuatu? search engine bukan?

Beberapa hal yang sederhana yang dapat kita lakukan adalah sebagai berikut :

1. Daftarkan blog atau web anda di mesin pencari

Walaupun memang blog anda otomatis akan terindeks langsung di mesin mencari,tapi kita harus meyakinkan diri kita sendiri. beberapa layanan mesin pencari,memberikan sarana untuk mendaftarkan web ke msin pencari mereka.

Google : google.com/addurl
Yahoo & Bing : bing.com/toolbox/webmaster

2. Kelola blog anda di webmaster tool

Webmaster tool adalah alat untuk mengindeks seluruh blog/web anda di search engine. Dengan syarat,web/blog anda berserver di amerika. Bagi pengguna blogger.com atau wordpress.com,anda tidak perlu khawatir. Sudah barang tentu blog anda berserver di Amerika. Website SMAN 2 Tasikmalaya pun sama. Namun,website OSIS SMAN 2 Tasikmalaya tidak berserver di Amerika,sehingga sulit terindeks secara penuh.

Google : https://www.google.com/webmasters/tools
Bing : bing.com/toolbox/webmaster

3. Cari dulu di mesin pencari konten artikel apa yang akan anda buat,sebelum membuat.

Ini adalah persaingan. Mesin pencari menerapkan sistem LILO (Last in Last Out),siapa yang masuk terakhir,ya keluar terakhir. Misalnya,anda akan membuat artikel tentang trik blogging. Anda search dulu,apa banyak blog/web yang menulis tentang itu. Apabila banyak,berarti saingan anda banyak pula.  Sehingga kemungkinan artikel yang anda tulis berada di urutan atas pencarian,semakin kecil.

4. Update terus blog/web anda

Ini dia yang paling harus dilakukan. Walaupun citanduy pernah dibendung hanya satu malam oleh sangkuriang,walaupun prambanan dibangun hanya satu malam oleh bandung bondowoso, tapi kita tak bisa secepat menyerah hanya satu malam untuk meningkatkan traffic blog kita dengan mengupdate.






0 comments:

Posting Komentar