Featured Post 5

Intel : Sandy Bridge

Written By GeeksPost on Sabtu, 12 November 2011 | 23.18

Sandy Bridge adalah nama mikroarsitektur processor generasi ke-dua dari processor Intel seri Core i setelah Nehalem. Proyek Sandy Bridge ini dimulai pada tahun 2005 di Israel, didemonstrasikan pada tahun 2009 dan mulai diluncurkan ke publik pada tahun 2011.



Sandy Bridge dirancang berdasarkan 32 nanometer feature size. dilengkapi Turbo Boost 2.0 untuk menaikan performa processor secara otomatis, selain itu Sandy Bridge juga dilengkapi dengan Intel Hyper-Threading yang memungkinkan core pada processor dapat melakukan multitasking. Diintegrasikan dengan GPU(Fusion Processor) sehingga performa grafis dan perhitungan semakin optimal dan hemat daya.

Ciri-ciri processor dengan mikroarsitektur Sandy Bridge dapat kita ketahui secara kasat mata. Ciri-ciri processor ini adalah ada 4 digit angka yang diawali dengan angka 2 (Angka 2 dipilih karena Sandy Bridge adalah generasi ke-dua pada jenis Core i) yang mengikuti nama jenis processor contohnya "Core i5-2500K", "Core i3-2100T", "Core i7 Extreme-3960X".

Lalu apa arti dari alfabet setelah 4 digit angka itu? itu menunjukan spesialisasi dari processor itu sendiri misalnya:
K = Unlocked
S = Performa yang dioptimalkan
T = Daya yang dioptimalkan
X = Extreme Performance

Setelah meluncurkan Sandy Bridge, Intel berencana untuk meluncurkan mikroarsitekturnya yang terbaru bernama "Ivy Bridge".


sumber : http://cpuengine.blogspot.com/

0 comments:

Posting Komentar